freeport

 

Aku dapat artikel bagus nih,,dari http://www.magidieselindonesia.com

Ternyata  tambang emas terbesar dunia terdapat di Indonesia. Grasberg adalah tambang emas di Papua, Indonesia. Pada 2011 lalu, tambang ini menghasilkan emas sebanyak 1.444.000 ons atau 40.936 kg. Selain emas Grasberg adalah tambang tembaga nomor 3 dunia.

Tambang ini dioperasikan oleh Freeport-McMoRan Copper & Gold. Grasberg merupakan tambang bawah terbuka dan bawah tanah. Freeport selama ini tidak mengakui bahwa tambang tembaga yang diolahnya mengandung emas, tapi akhirnya tetap diketahui juga.

Tambang emas dan tembaga di Grasberg yang telah dioperasikan sejak 1970-an ini salah satu yang membuat AS menjadi kaya raya sementara bagi masyarakat Indonesia seakan-akan tidak berdampak. Mungkin karena persentasi bagi hasilnya yang tidak menguntungkan Indonesia. Negosiasi terakhir diduga para analisis dilakukan oleh menlu AS Hilary Clinton dengan pemerintah Indonesia pada awal September 2012 lalu di Jakarta, di tengah hirup pikuknya  pilkada Jakarta antara Jokowi vs Foke.

Menurut Wikipedia Indonesia, “Tambang Grasberg pertamakali diteliti olehGeologis Belanda Jean-Jacquez Dozy mengunjungi Indonesia pada 1936 untuk menskala glasier Pegunungan Jayawijaya di provinsi Irian Jaya di Papua Barat. Dia membuat catatan di atas batu hitam yang aneh dengan warna kehijauan. Pada 1939, dia mengisi catatan tentang Ertsberg (bahasa Belanda untuk “gunung ore”). Namun, peristiwa Perang Dunia II menyebabkan laporan tersebut tidak diperhatikan. Dua puluh tahun kemudian, geologis Forbes Wilson, bekerja untuk perusahaan pertambangan Freeport, membaca laporan tersebut. Dia dalam tuga mencari cadangan nikel, tetapi kemudian melupakan hal tersebut setelah dia membaca laporan tersebut. Dia berhenti merokok dan melatih badannya untuk menyiapkan perjalanan untuk memeriksa Ertsberg. Ekspedisi yang dipimpin oleh Forbes Wilson dan Del Flint, menemukan deposit tembaga yang besar di Ertsberg pada 1960.

Penghasilan tembaga Grasberg meningkat dari 515.400 ton pada 2004 menjadi 793.000 ton pada 2005. Produksi emas meningkat dari 1,58 juta ons menjadi 3,55 juta ons.”

Inilah 10 tambang terbesar di dunia, selain Grasberg di Papua, Indonesia, urutan berikutnya :

2. Cortez dengan lokasi di Elko, Nevada

3. Yanacocha dengan lokasi di Cajamarca, Peru

4. Goldstrike dengan lokasi di Eureka dan Elko Counties, Nevada

5. Veladero dengan lokasi di San Juan, Argentina

6. Vall River dengan lokasi di Klerksdorp, Afrika Selatan

7. West Wits dengan lokasi: Carletonville, Afrika Selatan

8. Lagunas Norte dengan lokasi di  Santiago de Chuco, Peru

9. Kalgoorlie Super Pit dengan lokasi di Kalgoorlie, Australia

10. Boddington dengan lokasi di Boddington, Australia

Semogara artikel tentang tambang emas terbesar di dunia ini bermanfaat sebagai sumber informasi.