com

End User Computing (EUC) adalah sistem informasi berbasis komputer yang secara langsung mendukung aplikasi operasional dan manajerial oleh end users. Dalam End User Computing sistem, end user menggunakan stasiun kerja mikrokomputer dan bermacam perangkat lunak untuk mendapatkan kembali informasi, pendukung keputusan, dan pengembangan aplikasi. Sebagai contoh, pengguna dapat megirim surat elektronik, menggerakkan model analitik, atau membangun aplikasi bisnis yang baru. End User Computing (EUC) yaitu sebuah konsep dalam rekayasa perangkat lunak yang mengacu kepada abstraksi dari kelompok orang-orang yang pada akhirnya akan mengoperasikan software (yaitu pengguna yang diharapkan atau target-user). Abstraksi ini dimaksudkan untuk dapat berguna dalam informasi yang diyakini relevan dalam proyek tertentu.

End User Computing dapat digolongkan menjadi empat tingkatan berdasarkan pengetahuannya antara lain sebagai berikut :

* Pemakai akhir tingkat menu (menu-level end-users).
* Pemakai akhir tingkat perintah (command-level end-users).
* Programer pemakai akhir (end-users programmers).
* Personil pendukung fungsional (functional support personnel).

 

Faktor yang mendorong End User Computing :

1. Menjngkatkan pengetahuan tentang computer (knowledge).

2. Antrian jasa informasi (time-process).

3. Perangkat keras yang murah (technology-hardware).

4. Perangkat lunak saiap pakai (technology-software).

Tujuan End User Computing adalah untuk memungkinkan staf untuk tidak terampil menggunakan mahal dan pengetahuan yang sangat ahli dalam pekerjaan mereka, dengan menempatkan pengetahuan dan keahlian ke dalam komputer dan mengajar pengguna akhir bagaimana untuk mengaksesnya. Pada saat yang sama, pendekatan ini digunakan ketika tugas-tugas yang sangat kritis yang didukung oleh sistem komputasi (penerbangan komersial, pabrik nuklir dan sebagainya).

Manfaat End User Computing :

1. Memindahkan sebagian beban kerja pengembangan sistem kepada pemakai.

2. Mengurangi kesenjangan komunikasi antar user dan spesialisasi informasi.

3. Kreasi, pengendalian, dan implementasi oleh pemakai
4. Sistem yang memenuhi kebutuhan pemakai
5. Ketepatan waktu
6. Membebaskan sumber daya sistem
7. Kefleksibilitasan dan kemudahan penggunaan

Resiko penerapan End User Computing, yaitu :

1. Sistem yang buruk sasarannya.

2. Sistem yang buruk rancangan dan dokumentasinya.

3. Penggunaan sumber daya informasi yang tidak efisien.

4. Hilangnya integritas data.

5. Hilangnya keamanaan.